DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengelolaan Pemerintah Daerah Pada Pasar Semi Modern di Pasar Temenggoeng Djaya Karti Kabupaten Barito Timur
PENGARANG:ROSSY NURAS JATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-20


ABSTRAK

Rossy Nuras Jati. 1610413320036,2020, Pengelolaan Pemerintah Daerah Pada Pasar Semi Modern Di Pasar Temenggoeng Djaya Karti, Kabupaten Barito Timur”, Di bawah bimbingan Budi Suryadi.

            Pengelolaan pasar merupakan hal yang penting untuk kelangsungan pasar, pengelolaan pasar yang maksimal dapat memberikan kenyamanan bagi pedagang dan pembeli, latar belakang masalah pada penelitian ini adalah kurangnya pengelolaan kebersihan dan keamanan di Pasar Temenggoeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan Pemerintah Daerah pada pasar semi modern di pasar Temenggoeng Djaya Karti Kabupaten Barito Timur dengan melihat dari fungsi perencanaan dan pengorganisasian. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriftif kualitatif. Teori yang digunakan dikemukakan oleh Fungsi Manajemen Henry Fayol dengan indikator Perencanaan dan Pengorganisasian. Informan penelitian adalah Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Bidang Pengelolaan Pasar, Kepala Seksi Pendataan, Penataan dan Pemeliharaan Pasar, Kepala Seksi Kebersihan dan Keamanan Pasar, Kepala UPT Pasar Tamiang Layang, para pedagang dan pembeli. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelolaan Pemerintah Daerah Pada Pasar Semi Modern di Pasar Temenggoeng Djaya Karti Kabupaten Barito Timur sudah memiliki perencanaan dalam pengelolaan pasar namun masih ditemukan kendala pada aspek pengorganisasian. Kendala yang dihadapi dalam pengelolaan pasar semi modern ini adalah  masih kurangnya kesadaran para pedagang untuk menjaga kebersihan, kurangnya pemeliharaan atau peremajaan terkait sarana dan prasarana kebersihan di pasar semi modern Temenggoeng Djaya Karti.

            Dinas Perdagangan Kabupaten Barito Timur perlu untuk melakukan pemeliharaan rutin terhadap sarana dan prasarana kebersihan dan perlu untuk memperhatikan keluhan pedagang terkait pengeluaran tambahan yang pedagang keluarkan untuk membayar biaya pengambilan sampah para pedagang.

Kata Kunci : Pengelolaan, Pasar Semi Modern

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI