DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PROBLEMATIKA DENGAN DILAKSANAKANNYA PARATE EKSEKUSI TERHADAP AGUNAN PADA PERBANGKAN SYARIAH
PENGARANG:FACHRU ZAINIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-21


FACHRU ZAINIE. 2020. PROBLEMATIKA DENGAN DILAKSANKANNYA PARATE EKSEKUSI TERHADAP AGUNAN PADA PERBANKAN SYARIAH. Program Magister Ilmu Hukum, Program Pasca Sarjana, Univeritas Lambung Mangkurat; Pembimbing Utama Dr. Hj. Mulyani Zulaeha,S.H.,M.H.,, dan Pembimbing Pendamping Dr. Hj.Rahmida Erliyani, S.H., M.H., 112 halaman.
ABSTRAK
Tesis ini bertujuan untuk menganalisa akibat parate eksekusi terhadap agunan kredit pada perbankkan syariah dan untuk menganalisa perlindungan hukum dengan dilaksanakannya parate eksekusi pada agunan kredit perbankkan syariah.
Tesis ini menggunakan metede penelitian normative yang bersifat preskriptif karena menitikberatkan pada penelitian norma yang dalam hal mengedepankan bahan hukum berupa bahan kepustakaan yang intinya meneliti asas-asas hukum, sistimatis hukum, dan singkronisasi hukum dengan cara menganiasa hal tersebut, dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan (statute aproach) dan pendekatan konseptual (conseptual aproach).
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa parate eksekusi terhadap agunan pada kredit perbankan syariah masih belum memadai karena selama ini aturan hukum yang digunakan adalah undang-undang Perbankan Syariah (UU No. 4 Tahun 2008) hanya mengatur tentang penyelenggaraan perbankan syariah dan penyelesaian sengketanya untuk eksekusi secara syariah belum diatur sehingga mengenai parate eksekusi secara syariah juga belum ada aturannya dan Perlindungan hukum dalam pelaksanaan parate eksekusi pada perbankan syariah selama ini masih belum memberikan perlindungan yang maksimal. Karena parate eksekusi yang dilaksanakan masih mengalami banyak masalah yang disebabkan adanya banyak terjadi gugatan dalam pelaksanaan parate eksekusi tersebut, apabila parate eksekusi secara dibawah tangan tanpa adanya fiat ekseskusi dari pengadilan.
Keywords: Parate Eksekusi, Perbankan Syairiah & Jaminan Kredit.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI