DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DATA MENGGUNAKAN MODEL REMBULAN (Kombinasi Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education, Team Assisted Individually, dan Number Head Together) PADA SISWA KELAS IVA SDN MANTUIL 2 KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:JUMIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-22


Jumiati. 2020. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pengolahan Data Menggunakan Kombinasi Model REMBULAN (Realistic Mathematic Education, Team Assisted Individually, dan Number Head Together) di SDN Mantuil 2 Kota Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Dr. Ririanti Rachmayanie J., S. Psi,      M. Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Kombinasi Model Realistic Mathematic Education, Team Assisted Individually dan Number Head Together.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa pada materi pengolahan data terutama dalam menyelesaikan soal bentuk cerita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran oleh guru, meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar.

Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan analisis teoritik yaitu melakukan analisis secara mendalam pengaruh penggunaan model pembelajaran beserta langkah-langkah (sintaks) pembelajaran yang dipilih mampu meningkatkan kualitas pembelajaran, aktivitas siswa atau anak, keterampilan, kemampuan dan hasil belajar dengan mengupas literatur dari Jurnal Internasional dan Jurnal Nasional yang relevan dengan solusi yang diterapkan. 

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Realistic Mathematic Education, Team Assisted Individually, dan Number Head Together dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. 

Disarankan kepada guru  untuk dapat mengembangkan pemelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dengan mengoptimalkan penggunaan media dan model Realistic Mathematic Education, Team Assisted Individually, dan Number Head Together.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI