DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PERLAKUAN ALKALISASI DAN VARIASI FRAKSI VOLUME KOMPOSIT POLYESTER-SERAT BEMBAN (Donax Cannaeformis) TERHADAP KEKUATAN BENDING
PENGARANG:MUHAMMAD FIKRI
PENERBIT:FAKULTAS TEKNIK
TANGGAL:2018-02-08


Muhammad Fikri, Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat. Januari 2018. Pengaruh Perlakuan Alkalisasi Dan Variasi Fraksi Volume Komposit Polyester-Serat Bemban (Donax Cannaeformis) Terhadap Kekuatan Bending, Ketua Akhmad Syarief, ST., MT.
Bemban atau bamban (Donax Cannaeformis) adalah sejenis terna yang menghasilkan serat bahan anyam-anyaman. Tumbuhan ini dikenal pula dengan nama-nama lain seperti bamban (Banjarmasin), wuwu (Jawa), kelangisan (Bali), bangban (Sunda) dan moa (Manado, Ternate, Ambon). Bemban merupakan anggota family marantaceae, genus donax, spesies d. canniformis. Bemban merupakan terna yang berrumpun membentuk semak setinggi 1,5 sampai 4 meter dengan batang bulat torak berwarna hijau tua, beruas panjang-panjang antara 1 sampai 2,5 meter
Komposit adalah bahan material yang terbentuk dari kombinasi dua atau lebih material pembentuknya melalui pencampuran yang tak homogen, dimana sifat mekanik dari pembentukannya berbeda. Penelitian tentang komposit telah banyak dilakukan. Ukuran butir dan fraksi volume material komposit akan mempengaruhi sifat mekanik dari material komposit, fraksi volume dan aspek rasio merupakan faktor penting untuk menentukan kekuatan dari matrik.
Dari hasil penelitian pengaruh fraksi volume pada komposit berpenguat serat bemban yang memiliki kekuatan paling optimal yaitu pada variasi 40% serat dan 60% polyester pada perlakuan alkalisasi dengan larutan NaOH sebesar 4% yaitu memiliki beban maksimal N dan tegangan bending MPa.
xi
Kata Kunci : Komposit, Bemban, Bending, Alkalisasi, NaOH

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI