DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL BAKMI (Belajar Aktif Kompetitif Menarik dan Inovatif) DI KELAS V SDN SUNGAI LAKUM 2 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:YULIA FEBRIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-23


Febriyanti, Yulia. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPS Menggunakan Model BAKMI                          (Belajar Aktif Kompetitif Menarik dan Inovatif) Di Kelas V SDN Sungai Lakum 2 Kabupaten Banjar. Skripsi                                Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung                        Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Ririanti Rachmayanie J., S.Psi, M.Pd.

Kata Kunci: Group Investigation, Teams Games Turnament, dan Course Review Horay, aktivitas siswa, serta  hasil belajar siswa.

       Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Sungai Lakum 2 Kabupaten Banjar. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan langkah kombinasi model pembelajaran, mendeskripsikan aktivitas siswa, serta menganalisis hasil belajar siswa. 

       Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan analisis teoritik yaitu melakukan analisis secara mendalam pengaruh penggunaan model pembelajaran beserta langkah-langkah (sintaks) pembelajaran yang dipilih mampu meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan mengupas literatur dari Jurnal Internasional dan Jurnal Nasional yang relevan dengan solusi yang diterapkan.

       Berdasarkan hasil analisis teoritik, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Group  Investigation, Teams Games Turnament, dan Course Review Horay, keterlaksanaan aktivitas guru mencapai indikator keberhasilan sangat baik, aktivitas siswa mencapai indikator sangat aktif, dan hasil belajar siswa mencapai indikator ketuntasan.

       Disarankan kepada guru dan peneliti selanjutnya untuk dapat mengimplementasikan dan  mengembangkan pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dengan mengoptimalkan penggunaan model pembelajaran Group Investigation, Teams Games Turnament, dan Course Review Horay.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI