DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA GLOBAL ISLAMIC BOARDING SCHOOL
PENGARANG:NUR HIDAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-23


ABSTRAK

Hidayati, Nur. 2020. Pembelajaran Teks Biografi pada Peserta Didik Kelas X di SMA Global Islamic Boarding School. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Lambung Makurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Sabhan, M.Pd.; (II) Lita Luthfiyanti, M.Pd.

 

Kata Kunci: pembelajaran, teks biografi

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran teks biografi pada peserta didik kelas X di SMA Global Islamic Boarding School. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif karena karena hasil datanya berupa gambaran kegiatan pembelajaran. Sumber data dari penelitian ini adalah pendidik Bahasa Indonesia dan peserta didik kelas X NS B2. Penulis melakukan penelitian pada awal pembelajaran teks biografi, sehingga materi pembelajaran mengarah pada kompetensi pengetahuan.

Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi, rekam dan catat. Penulis melakukan observasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi teks biografi di kelas X NS B2 dengan jumlah peserta didik 15 orang yang hadir dari 18 peserta didik laki-laki. Dokumentasi yang diperoleh oleh penulis adalah RPP, video dan foto saat pembelajaran berlangsung. Pada kegiatan rekam dan catat, penulis merekam proses pembelajaran menggunakan kamera, kemudian penulis mencatat data-data yang berhubungan dengan pembelajaran teks biografi. Teknik analisis data dilakukan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan

Hasil dari penelitian mendeskripsikan proses pembelajaran teks biografi. Dalam proses pembelajaran, terdapat ada tahapan di antaranya perencanaan dan tahapan proses pembelajaran teks biografi. Terdapat tiga komponen pada proses pembelajaran, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pendidik berhasil melaksanakan pembelajaran teks biografi di dalam kelas sesuai dengan RPP yang telah dibuat. Pada evaluasi pembelajaran, terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM 78. Hal tersebut terjadi karena tingkat pengetahuan peserta didik yang masih kurang. Meski begitu, peserta didik antusias dan menyenangi pembelajaran yang diberikan oleh pendidik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI