DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI DAERAH PARIWISATA MELALUI PENDEKATAN BOTTOM UP PLANNING DI KECAMATAN ANGSANA KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:Catur Haryanto
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-23


ABSTRAK

 

CATUR HARIANTO, 1820422310014, Strategi Pengembangan Potensi Daerah Pariwisata Melalui Pendekatan Bottom Up Planning Di Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu yang dibimbing oleh Ahmad Yunanidan M. Riduansyah Syafari.

Kata Kunci:  Pembangunan, Kawasan Wisata, Bottom Up Planning, Pantai Angsana, Pokdarwis.

Pantai Angsana merupakan salah satu pantai yang ada di Tanah Bumbu yang masih perlu dikembangkan objek wisatanya karena pantai ini merupakan sebuah tujuan wisata yang tergolong masih baru namun sudah mulai dikembangkan oleh pemerintah daerah Tanah Bumbu yang memiliki potensi sebagai daya tarik wisata alam bahari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi pengembangan potensi daerah dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi kendala strategi pengembangan pariwisata melalui pendekatan bottom up planning di Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu dan melalui pendekatan bottom up planning di Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu.

Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan data primer berupa wawancara terstruktur terhadap pemerintah daerah dan perangkat desa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Interaktif. Model ini ada 4 komponen analisis, langkah-langkah analisis data menurut Miles dan Huberman (2014) meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validasi data penelitian ini dengan menggunakan sesuatu dari luar data untuk kepentingan pemeriksaan atau sebagai sumber pembanding terhadap data yang ada.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan Pantai Angsana yang dilaksanakan berdasarkan konsep pembangunan bottom up atau pembangunan dari bawah ke atas, masih kurang efektif dikarenakan ada beberapa aspek yang belum terealiasikan secara merata. Selain itu beberapa program-program pembangunan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baikwalaupun dengan keterbatasananggaran. Strategi pengembangan potensi daerah pariwisata melalui pendekatan bottom up planning di Desa Angsana adalah dengan cara Melaksanakan Musrenbangdes, Penyusunan prioritas pembangunan di bidang pariwisata, Pembentukan dan pengoptimalan Pokdarwis, serta pembuatan Master Plan. Faktor-faktor yang menjadi kendala strategi pengembangan potensi daerah pariwisata melalui pendekatan bottom up planning di Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu yaitu masih rendahnya partisipasi dan kreatifitas masyarakat untuk menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu penggerak ekonomi daerah, keterbatasan anggaran baik di desa maupun di Kabupaten dan belum adanya master plan sebagai pedoman dalam jangka panjang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI