DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN TANAH LAUT TAHUN 2018 (Studi Kasus Tentang Rendahnya Tingkat Kehadiran Masyarakat ke Tempat Pemilihan Suara)
PENGARANG:MARDIANOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-24


ABSTRAK

Mardianoor D1B115016 Rendahnya Partisipasi Politik Masyarakat Desa Bati-Bati Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanah Laut Tahun 2018. Dibimbing oleh ibu Andi Tenri Sompa selaku dosen pembimbing satu dan bapak Mahyuni selaku dosen pembimbing dua.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya pastisipasi masyarakat di Desa Bati-bati dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2018.

            Peneliian ini menggunkan pendekatan metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Pada penelitian ini, informan ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik data dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi.

            Hasil penelitian penyebab rendahnya partisipasi masyarakat terbagi menjadi empat faktor. Faktor Pertama, yaitu lingkungan sosial dimana dalam suatu lingkungan disitu ada budaya. Budaya dalam pemilihan di Desa Bati-Bati masih banyak masyarakat yang tidak memilih karena tidak ada suatu timbal balik untuk masyarakat. hal ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat Desa Bati-Bati ketika adanya pemilihan. Kedua, yaitu faktor ke pribadian, kpribadian masyarakat sendiri pada saat pemilihan masih apatis terhadap pemerintah. sehingga keinginan nya untuk memilih sangat rendah. Ketiga, faktor status sosial yaitu pekerjaan dan pendidikan masyarakat yang sangat rendah. Ke empat, yaitu faktor ststus ekonomi, dimana perekonomian masyarakat Desa Bati-Bati sendiri masih banyak menengah kebawah. Sehingga mereka lebih menyibukan diri mencari uang untuk memenuhi kebutuhan dan menghidupi keluarganya di bandingkan meemikirkan yang tidak menghasilkan untuk masyarakat Desa Bati-Bati.

            Berdasarkan hal tersebut, masyarakat dan pemerintah disarankan lebih bersatu lagi ketika adanya pemilihan dan dapat membantu untuk menyukseskan pemilihan. Sehingga tidak ada lagi keegoisan antara pemerintah dan masyarakat. Demi kepentingan orang banyak dan agar dapat memajukan suatu daerah dengan memilih pemimpin yang mampu membantu masyarakat dan memajukan suatu daerah.

 

 Kata Kunci : Pilkada, Partisipasi, Masyarakat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI