DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELAYANAN SOSIAL DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA BUDI SEJAHTERA BANJARBARU SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:PUTRI YANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-25


Putri Yani, 2020. Pelayanan Sosial di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera Banjarbaru Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, MA dan Pembimbing II: Muhammad AdhityaHidayat Putra, M.Pd.

 

Setiap manusia memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Seiring bertambahnya usia berbanding terbalik dengan kemampuan manusia untuk dapar mengurus dan memenuhi kebutuhannya sehingga perlu ada pihak lain yang memberikan bantuan dan pelayanan sosial. Satu diantara lembaga resmi yang mengakomodasi pelayanan untuk tingkatan lanjut usia di Kalimantan Selatan ialah Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera yang terletak di Banjarbaru. Penelitian ini bertujuan: 1). Mendeskripsikan profil Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera Banjarbaru. 2). Menjelaskan pelayanan sosial di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera Banjarbaru. 3) Menjelaskan kontribusi pelayanan sosial di Panti sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera Banjarbaru sebagai sumber pembelajaran IPS.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi di lingkungan Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera di Banjarbaru, wawancara dengan pegawai struktural, klien penerima kebermanfaatan dan akademisi. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman yaitu reduksi data dari Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera, penyajian data berupa tabel, gambar, dan deskripsi serta verifikasi data berupa penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian: 1). Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera Provinsi Kalimantan Selatan menjadi unit pelaksana teknis yang dibangun bertujuan untuk memberikan pelayanan dan pembinaan bagi lanjut usia. 2). Pelayanan sosial di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera Banjarbaru dapat dilihat melalui 5 tahapan pelayanan sosial yaitu pendekatan awal, pengungkapan dan pemahaman masalah, perencanaan program pelayanan, pelaksanaan pelayanan dan pasca pelayanan. 3). kontribusi pelayanan sosial di Panti sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera Banjarbaru sebagai sumber pembelajaran IPS bisa diimplementasikan pada materi lembaga sosial di kelas VII sebagai contoh konsep panti sosial dengan berbantukan media gambar kegiatan pelayanan sosial yang ada di panti sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera Banjarbaru.

Kata Kunci: Panti Sosial, Pelayanan Sosial dan Sumber Belajar IPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI