DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Praktek Pengobatan Belian Menurut Keluarga Pasien di Desa Mendik Kecamatan Longkali Kabupaten Paser Kalimantan Timur
PENGARANG:SITI MARIAM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-25


                                                                                               ABSTRAK

Siti Mariam, 2017. Praktek Pengobatan Belian Menurut Keluarga Pasien di Desa Mendik Kecamatan Longkali Kabupaten Paser Kalimantan Timur . Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Wahyu, (II) Nasrullah

 

Kata Kunci: Kepercayaan, Pengobatan Belian, Suku Paser

          

Dalam perkembangan zaman yang semakin modern ini, upacara tradisional sebagai warisan budaya leluhur boleh dikatakan masih memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Kita menyadari bahwa upacara tradisional yang didalamnya mengandung norma-norma atau aturan-aturan dalam hidup bermasyarakat sampai sekarang masih dipatuhi oleh masyarakat pendukungnya. Sebelum melaksanakan ritual belian tentunya ada syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan belian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepercayaan masyarakat suku paser terhadap belian dan faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi keluarga memilih belian di Desa Mendik Kecamatan Longkali Kabupaten Paser. 

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data di pilih secara snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepercayaan masyarakat suku paser terhadap ritual pengobatan belian besar karena mereka percaya yang menyembuhkan orang yang sedang sakit adalah makhluk gaib. (2) Faktor-faktor yang melatarbelakangi keluarga memilih belian adalah karena kejenuhan terhadap pengoabatan medis dan faktor-faktor yang lain adalah mereka terbantu dengan orang-orang yang terlibat didalam ritual pengobatan belian seperti keluarga dan tetangga yang banyak membantu bukan hanya dari bantuan tenaga tetapi juga bantuan materi. 

Berdasarkan hasil penelitian disarankan: (1) Kepercayaan masyarakat terhadap pengobatan belian tidak melebihi batasan, (2) Faktor-faktor yang melatarbelakangi masyarakat memilih belian bisa membuat hubungan sosial masyarakat di Desa Mendik bisa semakin kuat.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI