DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, NUMBER HEAD TOGETHER, DAN TIME TOKEN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
PENGARANG:FIRDA RAMADANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-25


ABSTRAK

 

Ramadana, Firda. 2020. Meningkatkan Aktivita dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation, Number Heads Together, dan Time Token  Pada Kelas IV Di Sekolah Dasar”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat.

DosenPembimbing: Dr. H. Metroyadi, S. H., M.Pd

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil belajar, IPS, Model Group Investigation, Number Heads Together, dan Time Token.

Tujuan pembelajaran IPS adalah untuk mengembangkan potensi siswa agar dapat peka terhadap masalah pribadi, masalah sosial yang terjadi di masyarakat, memiliki mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi, dan keterampilan menghadapi masalh yang terjadi sehari-hari dilingkunga sekitar. Namun, Permasalahan umun dalam pembelajaran IPS masih sering sering ditemui masalah tersebut adalah siswa urang aktif dalam pembelajaran, siswa masih takut untuk mengemukakan pendalatnya, kurangnya semangat dan minat siswa dalam mengikuti pelajaran, siswa belum berani mengajukan pertanyaan, kurangnya kerjasama dalam kelompok. Pembelajaran yang aktif dan menyenangkan dengan menggunakan model Group Investigation, Number Heads Together, dan Tame Token merupakan salah satu solusi yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar.

Penelitian ini menggunakan data sekunder sesuai analisis yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan 3 kali pertemuan oleh Muhammad Fitri (2019) dan Rusmawati (2018) dan Chairul Anwar (2019). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester genap di SDN Karang Mekar 5, SDN Perkapuran Raya 1 dan SDN Benua Anyar 3. Analisis data sekunder dalam penelitian ini dengan memanfaatkan data hasil penelitian terdahulu.

Hasil analisis data sekunder aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh total skor 16 (50%) dengan kriteria “cukup baik” dan terus meningkat hingga pada pertemuan ketiga memperoleh skor 31 (96,87%) dengan kriteria “sangat baik”. Rata-rata aktivitas siswa dari semua penelitian pada pertemuan I sebesar 28,16% dan terus meningkat sampai pertemuan ke IV menjadi 83,20%. Hasil belajar dalam penelitian Muhammad Fitri pada pertemuan I persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal adalah 23% dan terus meningkat sampai pertemuan IV menjadi 83%, pada penelitian Rusmawati pertemuan I adalah 75%, dan terus meningkat sampai pertemuan IV menjadi 100%. Dalam penelitian yang dilakukan Chairul Anwar pada pertemuan I adalah 46,11%, dan terus meninhkat sampai pertemuan IV menjadi 92,31%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Time Token, dapat meningkatkanaktivitassiswapadamuatanIPS dikelasIV Sekolah Dasar dan hipotesis dapatditerima

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI