DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGOLAHAN HASIL LAUT DI DESA TAKISUNG SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI DAN DISTRIBUSI DI SMAN 1 TAKISUNG
PENGARANG:NURUL SETIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-25


ABSTRAK

Setiani, Nurul 2020. PENGOLAHAN HASIL LAUT DI DESA TAKISUNG SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI DAN DISTRIBUSI  DI SMAN 1  TAKISUNG. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing 1 Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M.Pd.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) gambaran aktivitas rumah produksi pengolahan hasil laut dalam perspektif faktor produksi dan distribusi serta (2) pengintegrasian aktivitas rumah produksi pengolahan hasil laut dalam kurikulum ekonomi SMAN 1 Takisung kelas X materi faktor-faktor produksi dan distribusi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yaitu pemilik rumah produksi hasil laut. Sumber data adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis menggunakan model Milles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) rumah produksi hasil laut menggunakan seluruh faktor produksi dalam pembuatan ikan asin. Faktor produksi yang dimanfaatkan berupa SDA seperti ikan, garam, air pantai dan sumur serta cahaya matahari, SDM yaitu berupa tenaga kerja sebagai faktor penggerak dalam proses produksi, Modal berupa modal pribadi, Kewirausahaan berupa jiwa kewirausahaan. Faktor distribusi yang dimanfaatkan berupa Produk berupa nilai dan berat barang, Pasar berupa letak geografis dan jumlah pesanan, Produsen berupa kemampuan dan pelayanan yang diberikan, Perantara berupa volume dan saluran distribusi. (2) Faktor-faktor produksi dan distribusi pada pengolahan hasil laut dapat dijadikan sebagai bahan ajar lokal di SMAN 1 Takisung kelas X.

 

Kata Kunci : Faktor Produksi, Faktor Distribusi, Pengolahan Hasil Laut, Bahan Ajar

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI