DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA PELESTARIAN EKSISTENSI TARI TANTULO DI KABUPATEN MURUNG RAYA KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:CHESVIANIOLA YUANDELA AS.
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-26


Yuandela, Chesvianiola.2020. Upaya Pelestarian Eksistensi Tari Tantulo Di Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah.Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Sulisno, S.Sn., M.A (II) Muhammad Najamudin, M.Pd.

Kata Kunci : Upaya, Pelestarian, Eksistensi, Tari, Tantulo

 

Tari Tantulo merupakan salah satu tari khas Kabupaten Murung Raya yang eksistensinya perlu dijaga. Kabupaten Murung Raya yang terbilang sebagai Kabupaten paling muda yang berada di Kalimantan Tengah mempunyai identitas daerah yang harus dilestarikan salah satunya adalah tarian khas yaitu Tari Tantulo karena memang mempunyai keunikan dalam setiap geraknya serta iringan musik yang bisa membawakan atau terhanyut dalam kegembiraan. Sanggar Sangiang Bohombit merupakan salah satu sanggar yang mengajarkan Tari Tantulo . Mengingat hal tersebut, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui bagaimana Eksistensi Tari Tantulo di Sanggar Sangiang Bohombit dan upaya Sanggar Sangiang Bohombit terhadap Pelestarian Tari Tantulo di Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Eksistensi Tari Tantulo di Sanggar Sangiang Bohombit dan Upaya Sanggar Sangiang Bohombit terhadap Pelestarian Tari Tantulo di Kabupaten Murung Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang mana hasil datanya diuraikan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumetasi. Teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, Eksistensi Tari Tantulo di Sanggar Sangiang Bohombit Kabupaten Murung Raya cenderung rendah disebabkan oleh faktor lingkungan, minat dan pertunjukan sanggar. Hal ini juga berimbas pada eksistensi Tari Tantulo pada Sanggar Sangiang Bohombit, jadwal pertunjukan dalam membawakan Tari Tantulo menjadi berkurang yakni dalam 1 tahun. Upaya Sanggar Sangiang Bohombit terhadap Pelestarian Tari Tantulo di Kabupaten Murung Raya adalah dengan melakukan latihan secara rutin dengan tahap pembekalan materi pengetahuan dan teori, mengenal ragam gerak, praktik dan pertunjukan pada acara pernikahan adat, menyambut tamu dari luar daerah serta acara penting lainnya. Serta upaya yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dalam eksistensi Tari Tantulo adalah dengan meluncurkan Senam Tantulo dan memberikan VCD Senam Tantulo kepada perwakilan sekolah yang ada di Murung Raya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI