DIGITAL LIBRARY



JUDUL:BENTUK PENYAJIAN TARI BAWI MANDAU DI SANGGAR GALUH BANJAR BANJARMASIN
PENGARANG:DEBY WANDARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-25


ABSTRAK

 

Wandari. Deby 2020, Bentuk Penyajian Tari Bawi Mandau DiSanggar Galuh Banjar Banjarmasin. Skrpsi, Program Studi Pendidikan Seni Tari Drama Dan Musik, Jurusan Bahasa Dan Seni. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, universitas lambung mankurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Wisnu Subroto, S.S., MA (II) Sumasno Hadi, S.Pd., M.Phil

Kata kunci : Bentuk Penyajian, Tari, Bawi Mandau, Sanggar Galuh Banjar

Penelitian ini meneliti tentang Mengapa Sanggar Galuh Banjar Menggarap Tarian Bawi Mandau dan Bentuk Penyajian Tari Bawi Mandau di Sanggar Galuh Banjar. Penelitian ini bertujuan  untuk mendeskripsikan Mengapa Sanggar Galuh Banjar Menggarap Tarian Bawi Mandau dan Bentuk Penyajian Tari Bawi Mandau di Sanggar Galuh Banjar. Metode penelitian kualitatif yang dimana cara yang dilakukan dalam pengumpulan data adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan reduksi data dan ditarik kesimpulan, tahap yang terakhir pengecekkan keabsahan data.

Berdasarkan hasil penelitian Mengapa Sanggar Galuh Banjar Menggarap Tarian Bawi Mandau dan Bentuk Penyajian Tari Bawi Mandau di Sanggar Galuh Banjar di Banjarmasin, yang menciptakan sebuah tarian kreasi yaitu: tari Mandau Bawi memiliki pola tarian melingkar, horizontal, zig-zag, dan segitiga berdasarkan jenis tariannya musik yang digunakan Tari Bawi Mandau menggunakan alat musik tradisional yang bersifat dinamis kostum yang digunakan oleh penari memakai kemben dengan corak Dayak yang di tutupi oleh kida-kida dan menggunakan rok dengan dua selendang di samping rok berwarna merah dan kuning  degan hiasan mahkota dari bulu burung ruai dengan model rambut sasak yang dibagian depan mengembang sedikit dengan make-up yang cantik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI