DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pembelajaran Tari Radap Rahayu pada Mahasiswa di Lentera Tari Hima Pendidikan Sendratasik FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
PENGARANG:TESA REMELIYA RIRIHENA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-25


Seringnya Lentera Tari diminta untuk menampilkan Tari Radap Rahayu membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitan tentang Pembelajaran Tari Radap Rahayu pada Mahasiswa di Lentera Tari Hima Pendidikan Sendratasik FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran tari Radap Rahayu pada mahasiswa di Lentera Tari Hima Pendidikan Sendratasik FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang hasil datanya diuraikan secara deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta teknik analisis data yang mencakup reduksi, penyajian, dan kesimpulan data.

          Hasil penelitian yang diperoleh yakni secara keseluruhan pelaksanaan proses pembelajaran tari Radap Rahayu pada kegiatan Lentera Tari mengalami kemajuan karena proses pelaksaannya terstruktur dari proses latihan sampai kepada penampilan, dalam hal ini proses pembelajaran tari Radap Rahayu dilaksanakan satu kali pertemuan dalam satu minggu, materi yang disampaikan secara bertahap yakni pembagian 6 gerak tari dalam satu kali pertemuan, gerak tari Radap Rahayu sendiri ada 18 gerak jadi dalam penelitian ini ada tiga kali pertemuan untuk menyelesaikan gerak tari Radap Rahayu. Hasil dari pembelajaran tari Radap Rahayu dapat dikatakan baik dan bagus serta berkualitas, hal ini dapat dilihat dari mahasiswa sendratasik yang mampu menarikan tari Radap Rahayu dengan baik dan benar serta mengerti nilai dan makna dari tari Radap Rahayu. Dengan mengikuti pembelajaran tari Radap Rahayu mahasiswa menjadi lebih aktif, kreatif, percaya diri dan disiplin serta dapat memanajemen waktu dengan baik.

 

 

 

Kata Kunci : Pembelajaran, Tari, Radap Rahayu

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI