DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN RAGAM GERAK TARI RADAP RAHAYU MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA KELAS X MIA MADRASAH ALIYAH SITI MARIAM BANJARMASIN
PENGARANG:SITI ISNA AULIA WATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-25


ABSTRAK

Wati, Siti Isna Aulia. 2020. “Meningkatkan Hasil Pembelajaran Ragam Gerak Tari Radap Rahayu Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Pada Kelas X MIA Madrasah Aliyah Siti Mariam Banjarmasin” Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : (1) Dr. Tutung Nurdiyana, S.Sos, M.A, M.Pd(2) Edlin Yanuar Nugraheni, M.Sn

Kata Kunci : Hasil Belajar, Model STAD, Tari.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA pada mata pelajaran seni budaya. Rendahnya hasil belajar diakibatkan oleh suasana pembelajaran yang monoton dan hanya bersifat teacher-centered. Melalui pendekatan kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak 2 siklus yang terdiri dari 3 kali pertemuan setiap siklusnya. Setiap siklus teridiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA MA Siti Mariam Banjarmasin Tahun pelajaran 2019-2020 yang terdiri dari 16 siswa. Data yang diperoleh berupa hasil tes akhir siklus, lembar observasi kegiatan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk aktivitas guru, aktivitas siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembelajaran selama 2 siklus mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 84,3 dengan presentase ketuntasan 87,5% dan keaktifan aktivitas siswa yang lebih merata, hampir semua siswa aktif dan terlibat dalam kerja kelompok.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI