DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE PUBG DENGAN SELF-AWARENESS PADA REMAJA AKHIR DI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MARINO ANGELINO TIMPAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-26


ABSTRAK

 

HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE PUBG DENGAN SELF-AWARENESS PADA REMAJA AKHIR DI KALIMANTAN SELATAN

Marino Angelino Timpal

Masa remaja merupakan periode transisi antara masa kanak-kanak dan dewasa. Pada fase ini, menerima dan mengerti diri sendiri sangat diperlukan untuk mencapai kedewasaan, dalam hal ini self-awareness sangat berperan penting dalam usaha untuk mengetahui kemampuan yang ada dalam diri remaja serta kesadarannya terhadap lingkungan sekitar. Berkaitan dengan hal tersebut, aktivitas game online menjadi salah satu faktor yang berkaitan dengan self-awareness. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan intensitas bermain game online PUBG dengan self-awareness pada remaja akhir di Kalimantan Selatan. Subjek dari penelitian ini adalah remaja akhir berusia 15-18 tahun yang berdomisili di Kalimantan Selatan dengan jumlah 130 partisipan melalui teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur yaitu angket intensitas bermain game online PUBG dan skala self-awareness. Analisis data menggunakan analisis korelasional dengan bantuan program komputer SPSS. Berdasarkan analisis korelasional didapatkan hubungan negatif antara intensitas bermain game online PUBG dengan self-awareness yaitu -0,406 dengan nilai signifikansi 0,000. Koefisien determinasi menunjukkan kontribusi efektif intensitas bermain game online PUBG dengan self-awareness sebesar 16,48% sedangkan 83,52% bersumber dari faktor lain.

Kata Kunci: Intensitas Bermain Game online, Self-awareness, Remaja Akhir

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI