DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peran Paparan Media Sosial Dan Kepribadian Big Five Terhadap Perilaku Prososial Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat
PENGARANG:MUHAMMAD FARID HERMAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-26


Prososial adalah perilaku yang bertentangan dengan kepentingan egois individu yang berpotensi memberikan hasil bagi orang lain. Untuk mendukung terjadinya perilaku prososial, diperlukan adanya beberapa faktor pendukung guna dapat membentuk perilaku prososial yang salah satunya adalah faktor paparan media sosial.Big Five Personality diperkirakan dapat berpengaruh pada perilaku prososial dan paparan media sosial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peranan paparan media sosial dan kepribadian pada perilaku prososial. Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat. Sampel pada penelitian ini adalah 162 mahasiswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu convenience sampling dengan kriteria mahasiswa  psikologi aktif  angkatan 2017, 2018, dan 2019 yang berusia 18 tahun keatas. Penelitian ini menggunakan tiga alat ukur yaitu prosocial tendencies measure, kuesioner paparan media sosial, Big Five Inventory (BFI). Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Paparan media sosial dan extraversion (F(2,159)=26,434,p<0,05).Paparan media sosial dan agreeableness (F(2,159)=34,623,p<0,05).Paparan media sosial dan conscientiousness (F(2,159)=24,409p<0,05).Paparan media sosial dan neuroticism (F(2,159)=23,784 p<0,05). Paparan media sosial dan opennes (F(2,159)=26,828 p<0,05). Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat peranan paparan media sosial dan Big Five Personality terhadap perilaku prososial.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI