DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS),RETURN ON EQUITY (ROE), DAN TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP RETURN SAHAM PADA SEKTOR BANK UMUM KONVENSIONAL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2015-2019
PENGARANG:NOOR MILLA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-26


ABSTRAK

Noor Milla Sari, 1610412320030, 2020, Pengaruh Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE) dan Tingkat Suku Bunga terhadap Return Saham Pada Sektor Bank Umum Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015-2019. Dibawah bimbingan Setio Utomo, Noor Hidayati.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam periode 2015-2019 terjadi penurunan dan kenaikan. Salah satu sektor yang memegang peranan penting dan stabilisasi perekonomian  Indonesia adalah dari sektor Perbankan. Pada 5 tahun terakhir terjadi fluktuasi yang cukup signifikan terutama pada sektor saham Bank Umum Konvensional.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh secara parsial dan simultan antara Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE) dan Tingkat Suku Bunga terhadap Return Saham Pada Sektor Bank Umum Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015-2019.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif dengan tipe penelitian bersifat eksplanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Bank Umum Konvensional yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2019, dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia dan laporan BI 7-Days (Reserve)Reppo Rate. Teknik pengumpulan data  melalui dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda.

Hasil penelitian membuktikan bahwa Earning Per Share (EPS) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Return Saham diketahui tingkat signfikansi sebesar 0,003<0.05 dengan nilai sumbangan efektif 10,8%. Return On Equity (ROE) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham diketahui tingkat signifikansi 0,143>0.05 dengan nilai sumbangan efektif -1,4%. Tingkat Suku Bunga secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham dengan nilai signifikansi 0,275>0,05 dengan nilai  sumbangan efektif 1,2%. Secara simultan Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE) dan Tingkat Suku Bunga berpengaruh signifikan terhadap Return Saham dengan nilai sig 0,009<0,05. Besaran pengaruh sebesar 10,2 dengan tingkatan sangat rendah.

Kata Kunci: Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE) dan Tingkat Suku Bunga dan Return Saham.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI