DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Modal, Tenaga Kerja dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Di Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin
PENGARANG:MUHAMMAD MIRZA BAIHAQI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-26


Pendapatan pelaku usaha kecil dan menengah dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Pada penelitian ini menggunakan faktor internal berupa modal, tenaga kerja dan jam kerja sebagai variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel modal, tenaga kerja dan jam kerja terhadap pendapatan usaha kecil menengah (ukm) (Studi kasus makanan dan minuman ringan di Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

            Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa wawancara dengan sampel sebanyak 45 responden. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan pendapatan sebagai variabel dependen dan tiga variabel independent, yaitu modal (Rp), tenaga kerja (orang) dan jam kerja (jam). Regresi linier berganda akan menguji  pengaruh secara simultan ( uji f ) dan secara parsial (uji t) melalui software eviws10.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal, tenaga kerja, dan jam kerja secara individual(parsial) maupun secara bersama-sama (simultan) berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap pendapatan pelaku usaha kecil menengah (ukm)(studi kasus makanan dan minuman ringan di Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin). Sedangkan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi pendapatan pelaku usaha kecil menengah adalah modal.

            Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan yang dapat diterapkan agar dapat meningkatkan pendapatan yaitu dengan mengelola modal sebaik mungkin secara teratur agar proses produksi hingga pemasaran dapat berjalan dengan semestinya, lalu mempekerjakan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan kegiatan usaha, dan melakukan operasional jam kerja sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan.

Kata Kunci : modal, tenaga kerja, jam kerja, pendapatan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI