DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TRADISI ZIARAH DI MAKAM DATU KALANGKATIK KABUPATEN TAPIN TAHUN 2014-2018
PENGARANG:MUHAMMAD BOYKE RAMADHAN SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-26


MUHAMMAD BOYKE RAMADHAN SAPUTRA, A1A15007, Tradisi Ziarah Makam Datu Kalangkatik Di Kabupaten Tapin 2014-2018 Pembimbing I Dr.Bambang Subiyokto, M.Hum dan Pembimbing II Wisnu Subroto,S.S.,M.A.

 

            Latar belakang skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan sosok makam di Tapin Rantau yang bernama Syeikh Said Jamaludin. Masalah yang ingin di bahas dari skripsi ini adalah bagaimana riwayat asal usul Makam Datu kalangkatik, bagaimana perjalanan hidup Syeikh said jamaludin mulai dari masa kecil, latar belakang, pendidikannya, karir dakwahnya dalam menjalankan penyiar Islam di Hijarah kalangkatik, serta peranannya sebagai ulama yang merupakan seorang waliyullah yang mempunyai kelebihan atau karomah yang luar biasa dan ajaib dalam

            Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perjalanan hidup  syeikh said jamaludin dalam penyiaran agama Islam agar dapat mengambil nilai-nilai positif melalui perjalanan hidup beliau, serta mengetahui pandangan masyarakat tentang ziarah, dan mengetahui motivasi para penziarah di Desa Lumbu Raya.

            Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian sejarah. Tahap pertama dalam penelitian ini yaitu pengumpulan sumber yang dilakukan melalui studi pustaka dan studi lapangan. Studi pustaka dilakukan untuk mendapatkan data-data tertulis berupa buku-buku atau dokumen penting dan studi lapangan dilakukan dengan wawancara agar memperoleh data primer secara langsung. Selanjutnya setelah data terkumpul dilakukan kritik sumber untuk melihat keaslian sumber. Tahap selanjutnya interpretasi yaitu menganalisis data data yang telah di kritik. Terakhir yaitu tahap historiografi yaitu menyajikan data kedalam bentuk tulisan.

            Dari hasil penelitian diketahui bahwa syeikh said jamaludin merupakan seorang ulama yang hidup pada zaman dahulu. Walaupun di anggap kurang waras karena sifat beliau yang dianggap diluar akal manusia namun Syeikh Said Jamulidin merupakan seorang guru agama dan mengaji di kampungnya. Peran Syeikh Said jamaludin di Lumbu Raya tidak hanya menjadi seorang guru mengaji dan pendakwah tetapi beliau juga dianggap sebagai pemimpin bijaksana .

 

Kata kunci : Biografi, Ulama, Syiar Islam

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI