DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Penguasaan Kosakata Pada Anak di TK X Banjarmasin
PENGARANG:NADILLA NUR ALAIKA JASMIIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-26


 

Perkembangan bahasa menjadi salah satu aspek terpenting pada pendidikan anak usia dini karena bahasa akan memudahkan anak dalam berkomunikasi dan kualitas dalam berbahasa ditentukan oleh jumlah kosakata yang dimiliki anak. Pada saat ini anak-anak sering sekali menggunakan gadget. Padahal gadget dapat menghambat perkembangan bahasa anak dikarenakan anak lebih banyak mendengar kosakata pasif yang tidak membutuhkan respon. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan gadget dengan penguasaan kosakata pada anak di TK X Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah subjek 74 orang yang terdiri dari 26 laki-laki dan 48 perempuan yang dipilih berdasarkan kriteria penelitian. Skala yang digunakan terdiri dari skala intensitas penggunaan gadget dan tes penguasaan kosakata. Data dianalisis menggunakan uji statistik non paramterik spearman rho. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan penguasaan kosakata pada anak di TK X Banjarmasin dengan arah hubungan negatif (r = -0,379 ; p = 0,001). Artinya, semakin tinggi intensitas penggunaan gadget, semakin rendah penguasaan kosakata. Sebaliknya, semakin rendah intensitas penggunaan gadget, semakin tinggi penguasaan kosakata.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI