DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Memori Pada Anak Di TK X Banjarmasin
PENGARANG:KARIMA YAZI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-26


Masa usia dini merupakan masa dimana.anak.mengalami.perkembangan.yang sangat.pesat, semua yang.anak dengar dan lihat terserap dalam pikirannya. Anakllebih mudah.mengingat sesuatu yang dipelajari dari.objek.yang.mereka.lihat.dan praktikkan sehingga dapat diterima dalam memori. Salah satu yang.memberikan.dampak positif.maupun negatif.terhadap perkembangan anak adalah intensitas penggunaan gadget. Penelitian.ini.bertujuan untuk mengetahui.hubungan intensitas penggunaan gadget dengan memori pada anak di TK X Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh.siswa.di.TK X Banjarmasin yang berusia 5 tahun. Penelitian ini menggunakan sampel dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 74 anak dengan kriteria yaitu anak berusia 5 tahun, anak yang menggunakan gadget dan bukan anak berkebutuhan khusus. Penelitian inimenggunakantigaalatukuryaituskalaintensitaspenggunaangadget,Children’s.Memory.Questionnaire-Revised.(CMQ-R) yang diadaptasi dari Hedges, Drysdale dan Levick (2015), serta Marlowe-Crowne Social.Desirability.Scale.(MCSDS) yang dikembangkan oleh Crowne dan Marlowe (1960)  yang telah diadaptasi oleh Widhiarso (2011). Analisis data menggunakan nonparametrik korelasi parsial spearman’s rho dengan bantuan SPSS versi 24. Berdasarkan hasil analisis korelasi parsial didapatkan hubungan positif antara intensitas penggunaan gadget dengan memori. Hal.ini berarti semakin.tinggi intensitaspenggunaan gadget maka.semakin lemahnya memori pada anak, sebaliknya semakin.rendah intensitas penggunaan gadget maka.semakin baik memori pada anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI