DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BANJARBARU | |
PENGARANG | : | RETNO INTAN RIESMITA MUNANDAR | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-11-26 |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kesulitan belajar matematika pada siswa kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banjarbaru. Populasi pada penelitian ini yaitu semua siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Banjarbaru, sedangkan subjek yang akan diteliti sebanyak 64 siswa dengan teknik purposive sampling yang memiliki kriteria siswa yang mengalami kesulitan belajar pada matematika dengan nilai dibawah 75. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa efikasi diri dan skala kesulitan belajar matematika. Berdasarkan hasil uji korelasi product moment didapatkan nilai r = -0,367; p < 0,05, artinya adanya hubungan negatif antara efikasi diri dengan kesulitan belajar matematika. Nilai negatif pada r menunjukkan bahwa semakin tinggi efikasi diri maka semakin rendah kesulitan belajar matematika, sebaliknya semakin rendah efikasi diri maka semakin tinggi kesulitan belajar matematika sehingga nilai matematika siswa tersebut rendah. Hasil analisis tersebut memberikan bukti bahwa hipotesis peneliti yang menyatakan adanya hubungan antara efikasi diri dengan kesulitan belajar matematika dapat diterima.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI