DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 BANJARBARU
PENGARANG:MUHAMMAD FIRMANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-27


ABSTRAK

 

 

MUHAMMAD FIRMANSYAH. NIM. A1D115016. Hubungan Aktivitas FisikDan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Peserta Didik SMA Negeri 1 Banjarbaru. Skripsi, Jurusan Pendidikan Olahragadan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Utama: Dr. Tri Irianto, M.Kes., AIFO. Pembimbing Pendamping: Ramadhan Arifin, S.Pd., M.Pd.

 

 

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik dan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan peserta didik SMA Negeri 1 Banjarbaru.

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi dalam penelitian ini diambil dari peserta didik laki laki dan perempuan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banjarbaru yang berusia 16-19 tahun, populasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banjarbaru kelas XI sebanyak 231 peserta didik. Sedangkan sampel penelitian sebanyak 184 peserta didik dengan teknik cluster sampling.

 

Hasil penelitian aktifitas fisik peserta didik SMA Negeri 1 Banjarbaru ditemukan klasifikasi “rendah” sebanyak 84 peserta didik dengan pesentase 45.65%. Sedangkan hasil belajar pendidikan jasmani peserta didik SMA Negeri 1 Banjarbaru menujukkan rata-rata nilai sebesar 82.11. Hasil perhitungan dengan korelasi menunjukan 0.73 dengan kriteria hubungan kuat/tinggi. Oleh karena itu ada keterkaitan antara aktifitas fisik dengan hasil belajar PJOK peserta didik SMAN 1 Banjarbaru Dari hasil perhitungan aktifitas fisik dan hasil rata-rata nilai pendidikan jasmani peserta didik SMAN 1 Banjarbaru didapat ada 5 kriteria sangat tinggi hanya 1 orang dengan hasil rata-rata nilai pendidikan jasmani 85, kriteria tinggi sebanyak 21 orang dengan hasil rata-rata nilai pendidikan jasmani 80.71. Kriteria sedang sebanyak 71 orang dengan hasil rata-rata nilai pendidikan jasmani 82.23. Kriteria rendah sebanyak 84 orang dengan hasil rata-rata nilai pendidikan jasmani 82.17 dan kriteria sangat rendah sebanyak 7 orang dengan hasil rata-rata nilai pendidikan jasmani 85.57.

 

Kata Kunci: Aktivitas fisik, Hasil belajar.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI