DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERKEMBANGAN EKONOMI PENDUDUK EX-TRANSMIGRAN DI DESA ASAM JAYA, KECAMATAN JORONG, KABUPATEN TANAH LAUT PADA TAHUN 2005-2015
PENGARANG:DIAN VIKAYANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-27


ABSTRAK

 

Dian Vikayana, Perkembangan Ekonomi Penduduk Ex Transmigran Di Desa Asam Jaya, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut Pada Tahun 2005-2015 (Pembimbing I Drs. Hairiyadi, M.Hum dan pembimbing II Drs. Rusdi Effendi, M.Pd).

Penelitian ini membahas tentang perkembangan ekonomi penduduk ex transmigran di Desa Asam Jaya Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut Pada Tahun 2005-2015. Desa Asam Jaya, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut merupakan salah satu daerah tujuan transmigrasi, penduduknya adalah transmigran dari Jawa dengan keadaan lahan dan jenis tanah di desa ini sangat mendukung untuk lahan pertanian dan perkebunan.

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan ekonomi penduduk ex transmigran di Desa Asam Jaya, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut pada tahun 2005-2015.

Penelitian ini dilakukan dengan metode sejarah melalui empat tahap, yaitu heuristik,kritik, interpretasi, dan historiografi.Sumber data terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer penulis dapatkan secara langsung dari narasumber yang relevan sesuai dengan objek yang diteliti dan sumber sekunder didapatkan dari perpustakaan berupa buku, dokumen dan skripsi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya perkembangan ekonomi di Desa Asam Jaya dengan rata-rata pendapatan ekonomi penduduk yang meningkat dari tahun-ketahun.  Perkembangan ekonomi karena perkebunan karet dan sawit. Pembangunan desa dapat dilihat dari sarana dan prasarana yang memadai.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan ekonomi penduduk ex transmigran di Desa Asam Jaya pada tahun 2005-2015, dilihat dari penghasilan rata-rata tahunan yang meningkat pada setiap narasumber pada tahun 2005, 2010, 2015 perubahan bangunan rumah, perubahan bentuk jalan, tempat pendidikan serta kesehatan.

Kata Kunci : Ekonomi, Penduduk, Ex Transmigran, Desa Asam Jaya

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI