DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIC (VAK), TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT), DAN WORD SQUARE PADA SISWA KELAS IV DI SDN MELAYU 7 BANJARMASIN
PENGARANG:DHEA PASTARINA JAYATRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-27


Jayatri, Dhea Pastarina. 2020. “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK), Team Games Tournament (TGT), dan Word Square pada Kelas IV SDN Melayu 7 Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing : Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK, Team Games Tournament (TGT), dan Word Square.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN Melayu 7 Banjarmasin. Hal ini dikarenakan adanya  gaya belajar yang berbeda antar siswa, pembelajaran bersifat monoton dan kurang menyenangkan yang membuat siswa kurang berpartisipasi ketika proses pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu melalui kombinasi model Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK), Team Games Tournament (TGT), dan Word Square. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ialah siswa kelas IV SDN Melayu 7 Banjarmasin tahun tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Teknik analisis data berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai skor 22-28 dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa ≥80% termasuk kriteria sangat aktif, serta hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal ≥80%.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 19 dengan kriteria baik sedangkan pertemuan 4 memperoleh skor 27 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 30,00% dengan kriteria cukup aktif sedangkan pertemuan 4 memperoleh persentase 85,00% dengan kriteria sangat aktif, Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 sebanyak 6 siswa atau 30,00% dinyatakan tuntas sedangkan pertemuan 4 sebanyak 20 siswa atau 100% dinyatakan tuntas.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK), Team Games Tournament (TGT), dan Word Square dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV SDN Melayu 7 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang juga berdampak pada peningkatan  hasil belajar siswa, khususnya muatan IPS Tema Daerah Tempat Tinggalku.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI