DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN RUMAH JUARA PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS III SDN PASAR LAMA 3 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD HIDAYATUL AMIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-27


Kehadiran media pembelajaran memiliki arti penting bagi guru maupun siswa selama pembelajaran berlangsung.  Penelitian ini bertujuan untuk; (1)  Bagaimana kualitas isi materi media dan kelayakan media pembelajaran Rumah Juara sebagai media pembelajaran IPA (2) Apakah Media pembelajaran Rumah Juara dapat diterapkan di semua sekolah.

Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif dengan model evaluasi formatif-sumatif yang dikembangkan oleh Michael Sriven yang dibagi menjadi tujuh tahap yaitu 1) analisis masalah, 2) menentukan tujuan evaluasi, 3) membuat blue print instrument penelitian, 4) validasi instrument kepada ahli, 5) revisi instrument, 6) uji coba lapangan, dan 7) membuat hasil laporan.

            Hasil evaluasi media pembelajaran Rumah Juara pada aspek kelayakan isi materi menghasilkan persentase 50% dalam kategori Baik”. Sedangkan pada aspek kelayakan penyajian menghasilkan persentase 69% kategori “Baik”. Sehingga dalam isi materi perlu dilakukan perbaikan agar lebih baik lagi dalam membantu guru dalan menggunakan media pembelajaran di sekolah. Maka kesimpulan hasil  revisi pada penelitian ini direkomendasikan untuk pengembang media Rumah Juara sebagai acuan perbaikan produk media pembelajaran Rumah Juara.

 

Kata Kunci :   Evaluasi Media Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI