DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGEMUDI DALAM KECELAKAAN LALU LINTAS AKIBAT KELALAIAN PEJALAN KAKI
PENGARANG:Gusti Muhammad Faiz Ridlo
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-27


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian penulisan hukum ini adalah untuk mengetahui pengaturan hukum apabila terjadi peristiwa kecelakaan lalu lintas akibat kelalaian pejalan kaki, dan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap pengemudi apabila terjadi peristiwa kecelakaan lalu lintas akibat kelalaian pejalan kaki.

Penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif, dengan menggunakan  bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier yang dikumpulkan melalui penelitian kepustakaan berupa pengumpulan bahan-bahan hukum. Penelitian hukum ini bersifat deskriptif analitis dan tipe penelitiannya berupa usaha penemuan asas-asas dan dasar falsafah (dogma atau doktrin) hukum positif dan juga merupakan penemuan hukum koncreto yang layak diterapkan untuk menyelesaikan suatu perkara hukum tertentu. Bahan-bahan hukum tersebut diolah dengan melakukan pemeriksaan, penyusunan dan pembahasan mengenai permasalahan yang dibahas kemudian dianalisis dan ditelaah secara induktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Pengaturan hukum tentang Kecelakaan Lalu Lintas lebih memprioritaskan pejalan kaki dari pada pengemudi kendaraan bermotor. Kedua, tidak memberikan perlindungan hukum kepada pengemudi kendaraan bermotor apabila terjadi kecelakaan Lalu Lintas yang disebabkan kelalaian pejalan kaki.

 

Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Kecelakaan Lalu Lintas, Pejalan Kaki.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI