DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisa Kebutuhan Air Bersih Kecamatan Banjarmasin Barat
PENGARANG:TANTOWI EFFENDY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-27


ABSTRAK

 

 

Dalam rangka memenuhi kebutuhan air bersih, PDAM Bandarmasih terus melakukan perbaikan pelayanan dengan meningkatkan kualitas air yang dikirim, menambah jumlah kapasitas produksi dan juga melalui perbaikan-perbaikan sistem jaringan distribusi. Peningkatan kebutuhan air bersih pada pelanggan PDAM Bandarmasih, maka jalan yang terbaik adalah mengadakan pengkajian/perhitungan kembali kebutuhan air bersih untuk wilayah kota Banjarmasin pada saat sekarang dan masa yang akan datang agar keinginan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan distribusi air bersih dari PDAM Bandarmasih dapatterpenuhi.

Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui kebutuhan air bersih pelanggan PDAM Bandarmasih wilayah kecamatan banjarmasin barat dan mengetahui peningkatan jumlah pelanggan serta seberapa banyak kebutuhan tersebut, sehingga PDAM Bandarmasih dapat melayani masyarakat pada saat ini dan yang akan datang dalam pendistribusiaannya secara merata, agar masyarakat dapat memperoleh air bersih secara lancar.

Dari hasil analisis denga kebutuhan diperoleh kebutuhan air bersih pelanggan PDAM Bandarmasih wilayah Kecamatan Banjarmasin Barat pada tahun 2021 adalah sebesar Q= 16590,32 m3/hari. Cakupan layanan pada Kecamatan Banjarmasin Barat berada di zona129.

 

Kata kunci: Kebutuhan Air Bersih, cakupan layanan, Kecamatan Banjarmasin Barat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI