DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Program Kampung Keluarga Berencana(KB) dalam Mengelola Pertumbuhan Penduduk di Desa Hapalah Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong
PENGARANG:NADIYATUL ARIFA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-27


 

IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERENCANA DALAM MENGELOLA PERTUMBUHAN PENDUDUK DESA HAPALAH KECAMATAN BANUA LAWAS KABUPATEN TABALONG

 

 

 

Oleh : Nadiyatul Arifa

 

Program Studi Ilmu Pemerintahan

 

 

 

ABSTRAK

 

Tujuan daripenelitian untuk mengetahui Implementasi Program Kampung KB dalam Mengelola Pertumbuhan Penduduk di Desa Hapalah Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong dan Faktor yang mempengaruhi Implementasi Program Kampung Kb dalam mengelola Pertumbuhan Penduduk di Desa Hapalah Kabupaten Tabalong.

 

Metode Kualitatif dengan jenis deskriptif ini di pilih dan digunakan oleh peniliti dengan memakai Teori dari George C. Edward III yaitu adanya Sumber daya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi serta Komunikasi menurut Sugiono (2017). Narasumber  adalah  KepalaDP3AP2KB, Kepala Desa Hapalah, PKB Kampung KB Desa Hapalah, PPKBD Desa Hapalah dan masyarakat Desa Hapalah. Didalam penggumpulan data ini,Tekhnik yang digunakan ialah observasi dan wawancara serta dokumentasi. Koditifkasi  data kemudian penyajian data lalu menggambarkan sebuah kesimpulan/verifikasi merupakan tekhnik  tahap yang digunakan untuk meanalisis.

Didapatkan hasil Implementasi Program Kampung KB dalam Mengelola Pertumbuhan Penduduk Hapalah Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 43 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana sudah berjalan, Namun kurang maksimal dapat dilihat dari pertumbuhan jumlah penduduk yang sudah mengalami penurunan pada tahun2016-2018.Namun,Padatahun2019jumlahpertumbuhanpendudukmengalami kenaikan di sebabkan oleh jumlah kelahiran dan imigran 2 kali lipat dibanding pada tahun2018 dan juga Pengguna alat kontrasepsi jangka panjang  dan KB pria yang masih perlu di tingkatkan di dalam kebesertaannya. 

Saran untuk DP3AP2KB agar tetap melakukan sosialisasi dan monitoring prograam Kampung KB dan diharapkan selalu mendapay dkungan yang besar sari semua pihak baik dari anggaran maupun kebijakan.

Kata Kunci: Implementasi, Program Kampung KB , Desa Hapalah

 

 

 

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI