DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN JARAK DAN WAKTU TEMPUH PUBLIC SAFETY CENTER (PSC) 119 DI KOTA BANJARBARU BERBASIS ARCGIS
PENGARANG:DEVY AYU KARYM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-08


 

                                             ABSTRAK

GAMBARAN JARAK DAN WAKTU TEMPUH PUBLIC SAFETY CENTER (PSC) 119 DI KOTA BANJARBARU BERBASIS ARCGIS

Karym DA

 

Latar Belakang: Kejadian kegawatdaruratan sering kali terjadi dan tidak bisa kita prediksi kapan dan dimana seseorang dapat mengalaminya. Public Safety Center (PSC) merupakan pelayanan gawat darurat prehospital care yang dilakukan sebelum menuju ke rumah sakit. Salah satu indikator dalam pelayanan ini adalah response time atau waktu tanggap. Evektivitas response time berkaitan dengan jarak dan waktu yang ditempuh oleh ambulans. Adapun standar response time yang ditentukkan yakni ± 8 menit.

Tujuan: Untuk mengetahui gambaran jarak dan waktu tempuh public safety center 119 di Kota Banjarbaru berbasis ArcGIS.

Metode: Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling dengan jumlah sampel 42 jenis panggilan yang telah diterima dan ditangani oleh PSC 119 Kota Banjarbaru pada bulan Januari sampai dengan Maret 2020. Analisis data yang digunakan yakni analisis univariat berupa tabel.

Hasil: Jarak yang ditempuh oleh PSC 119 Kota Banjarbaru terdekat (0,03 km), terjauh (11,06 km), serta nilai rata-rata yakni (3,67 km). Waktu yang ditempuh oleh ambulans minimum (0,05 menit), maksimum (11,06 menit), dan nilai rata-rata yakni (3,82 menit). Penetepan titik jejaring terletak di kecamatan Cempaka dan kecamatan Liang Anggang, dimana penetapan tersebut berdasarkan dengan lokasi kejadian yang belum memenuhi standar response time PSC 119 Kota Banjarbaru.

Pembahasan: Jarak dan waktu tempuh menjadi hal yang penting dalam mencapai standar response time yang ditentukkan. Dimana jarak dan waktu tempuh dapat mempengaruhi kondisi pasien yang memerlukan penanganan gawat darurat dengan segera.

 

Kata kunci: public safety center, jarak tempuh, waktu tempuh, software ArcGIS

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI