DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DI KOTA PALANGKARAYA | |
PENGARANG | : | HETTY MULIATY | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-11-27 |
ABSTRAK
ANALISIS STRATEGIPENGEMBANGAN
OBJEK WISATA DIKOTA PALANGKARAYA
HETTY MULIATY, S.T.
1620828310022
Pembimbing: Dr. AQLI MURSADIN, S.T., M.T.
Objek wisata adalah perwujudan ciptaan manusia, tata hidup, seni budaya serta serjarah bangsa dan tempat keadaan alam yang mempunyai daya tarik untuk dikunjungi. Potensi objek wisata yang ada di Kota Palangka Raya saat ini belum dikelola secara maksimal, sehingga keberadaan objek wisata tersebut kurang mendapatkan respon positif dari wisatawan yang berkunjung. Hal ini dapat dilihat dari menurunnya jumlah wisatawan yang berkunjung setiap tahunnya. Salah satu faktor menurunnya jumlah wisatawan yang berkunjung adalah karakteristik infrastruktur objek wisata yang kurang memadai. Untuk dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dibutuhkan keputusan untuk peningkatan kualitas objek wisata. Keputusan tersebut dibuat berdasarkan kriteria yang digunakan pada survei kuesioner kepada para ahli di bidang pariwisata, yaitu mengenai daya tarik, aksesabilitas, infrastruktur dan keberlanjutan. Sistem pendukung keputusan ini menerapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan software pengujian expert choice.
Penilaian secara subjektif terhadap peningkatan kualitas objek wisata berdasarkan prioritas utama, yaitu penyediaan Saran dan Prasarana, sehingga menghasilkan sistem penilaian yang tepat dan objektif terhadap objek wisata yang akan dikembangkan, pengembangan dilaksanakan dengan memperhatikan kekuatan potensi alam, keramahan dan khazanah budaya masyarakat Kota Palangka Raya.
Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, AHP, Karakterisitik, Objek Wisata
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI