DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Pengendalian Internal Persediaan Barang Dagangan (Studi Kasus pada PT. Bintang Global Sumber Sarana Banjarmasin)
PENGARANG:MUHAMMAD JULIANTO FARDAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-28


 

Analisis Pengendalian Internal Persediaan Barang Dagangan

 

(Studi Kasus pada PT. Bintang Global Sumber Sarana Banjarmasin)

 

 

 

 

 

Muhammad Julianto Fardan, H. Rano Wijaya, SE, M.Si,  M.Fin, CMA (Aus)

 

Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM Banjarmasin

 

Email: mj.fardan@gmail.com

 

 

 

 

 

ABSTRAKSI

 

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pengendalian internal persediaan barang dagang menurut COSO framework (2013) pada PT. Bintang Global Sumber Sarana Banjarmasin. Penelitian ini dilakukan karena PT. Bintang Global Sumber Sarana Banjarmasin memiliki beberapa permasalahan terkait persediaan yang mungkin saja terjadi akibat pengendalian internal pada persediaan barang dagang kurang memadai.

 

Berdasarkan pembahasan dan hasil analisis pada penelitian ini, penerapan pengendalian internal persediaan pada barang dagangan oleh PT. Bintang Global Sumber Sarana Banjarmasin dapat diambil kesimpulan bahwa sebagian besar dapat dinyatakan sesuai dengan lima komponen pada pengendalian internal berdasarkan COSO framework. Penerapan pengendalian internal atas persediaan barang dagangan diberikan dalam bentuk scoring sebesar 73,06% telah sesuai dengan COSO framework. Hal ini menunjukkan bahwa pengendalian internal untuk persediaan barang dagangan pada PT. Bintang Global Sumber Sarana Banjarmasin masuk kategori sangat efektif.

 

 

Kata Kunci:Pengendalian Persediaan, Efisiensi dan Efektivitas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI