DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA KANDILO DALAM PENYEDIAAN AIR BERSIH DI UNIT KECAMATAN BATU SOPANG KABUPATEN PASER
PENGARANG:NADYA TRI RAMADHONA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-29


ABSTRAK

 

Nadya Tri Ramadhona, D1B115065, 2020. “Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Kandilo Unit Batu Sopang dalam Penyediaan Air Bersih di Kecamatan Batu Sopang Kabupaten Paser” dibawah bimbingan H. Saifudin selaku  pembimbing I dan Mahyuni pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Kandilo dalam peyediaan air bersih di unit Kecamatan Batu Sopang Kabupaten Paser. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, dokumentasi, dan observarsi. Informan kunci Kepala Unit PDAM. Validitas data dilakukan dengan trianggulasi data.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kandilo unit Batu Sopang  cukup memuaskan, hal ini dapat dilihat  pada indikator Tangibles (bukti fisik) cukup memuaskan dari prasarana yang kekurangan seperti ruang tunggu, loket pendaftaran, dan tempat informasi. Namun, penampilan pegawai dalam melayani sesuai SOP. Reliability (kehandalan) cukup memuaskan dalam informasi kepada pelanggan juga sudah cukup cepat dan tepat. Resposiviness (ketanggapan) cukup memuaskan dalam melakukan pelayanan dan keluhan hal ini di lihat dari sedikitnya keluhan yang masuk dari   pelanggan . Empathy (empati) dari penelitian didapat bahwa pelanggan banyak tidak puas terhadap kontinuitas dan kejernihan air saat musim penghujan. Assurance (jaminan) memuaskan sebab pegawai sudah ramah tamah terhadap pelanggan.

Kepada pihak PDAM perlunya penambahan kapasitas pompa air dan kapasitas tempat penyimpanan air yang lebih besar agar kebutuhan air  bersih di Kecamatan Batu Sopang terpenuhi secara merata keseluruh desa-desa. Perlunya penambahan sarana terutama fasilitas ruang tunggu, papan informasi dan kotak saran di Kantor PDAM, hendaknya disediakan pelatihan kerja untuk pegawai selama 3 bulan pertama, perlunya informasi dari pihak PDAM dengan tempo 1 atau 2 hari sebelum adanya penghentian aliran air atau adanya permasalahan aliran air yang diberikan kepada pelanggan, perlunya penambahan pegawai 2 orang untuk bagian teknik di PDAM.

 

Kata kunci : Pelayanan, Kualitas Pelayanan, PDAM

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI