DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK MELALUI MODEL SCIENTIFIC CRITICAL THINKING(SCT) PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT KELAS X MIA 2 DI MAN 3 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2019/2020
PENGARANG:RENNI ULFA RIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-29


Telah dilakukan penelitian tentang penggunaan model Scientific Critical Thinking (SCT) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang bertujuan untuk meningkatkan (1) aktivitas pendidik, (2) aktivitas peserta didik (3) self efficacy dan (4) keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) secara bersiklus. Penelitian yang telah dilakukan terdiri dari 2 siklus yang dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 2 MAN 3 Banjarmasin dengan jumlah 29 orang. Instrumen penelitian berupa tes dan non tes. Data dianalisis dengan teknik kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) aktivitas pendidik dalam pelaksanaan tindakan mengalami peningkatan dari kategori cukup baik menjadi baik, (2) aktivitas peserta didik pada siklus I dengan kategori cukup aktif meningkat menjadi  aktif, (3) keterampilan proses sains pada siklus I dalam kategori cukup terampil meningkat menjadi terampil pada siklus II dan (4)self efficacy peserta didik pada siklus I dengan kategori sedang meningkat menjadi tinggi dan berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa model Pembelajaran Model Scientific Critical Thinking (SCT) dapat meningkatkan self efficacy dan keterampilan proses sains pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI