DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR DENGAN MEDIA KINCIR ANGIN UNTUK ANAK AUTIS DI SDN 4 SUNGAI DANAU
PENGARANG:RIZKI AMALIA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-30


ABSTRAK

Amelia Putri, Rizki Eka. 2020. Meningkatkan Konsentrasi Belajar Dengan Media Kincir Angin.Skripsi. Program Studi Pendidikan Khusus, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Dr. Chairil Faif Pasani, M.Si., (2) Hayatun Thaibah, M.Psi. Psikolog.

Kata Kunci : Autis. Konsentrasi. Kincir Angin. 

Autis adalah gangguan fungsi otak yang ditandai dengan adanya gerakan fisik yang berlebihan pada anak dan umumnya sangat sulit dikendalikan. Sulinya anak autis untuk dikendalikan mengakibatkan anak tersebut tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan guru sehingga mengganggu proses pembelajaran di dalam kelas. Media kincir angin adalah media media belajar yang dapat melatih konsentrasi anak anak. Oleh karena itu Apakah melalui media kincir angin dapat memberikan peningkatan konsentrasi belajar pada anak autis di SDN 4 Sungai yang bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar dengan media kincir angin untuk anak autis.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A-B-A’. Subyek penelitian seorang anak autis yang memiliki konsentrasi rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes observasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Komponen- komponen yang dianalisis meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan konsentrasi melakukan rangkaian tes kemampuan konsentrasi pada anak. 

Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan media kincir angin dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak autis yang ditunujukkan dengan meningkatnya konsentrasi belajar anak autis, perubahan arah dari negatif ke positif, perubahan stabilitas variabel dari variabel ke stabil ke stabil, serta persentase overlap yang kecil yaitu 50%. 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI