DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN PIANO PADA SISWA KELAS VI MELALUI METODE DEMONSTRASI DI SD KRISTEN KANAAN BANJARMASIN
PENGARANG:VEGGY ENGRO ALOW
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-30


 

ABSTRAK

 

 

 

Alow Engro Veggy, 2013. Pembelajaran Piano Pada Siswa Kelas VI Melalui Metode Demonstrasi Di SD Kristen Kanaan Banjarmasin. Pembimbing I  Maryanto, M.Sn, Pembimbing II Dewi Alfianti, M.Pd.

 

 

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran  piano siswa kelas VI melalui metode demonstrasi di SD Kristen Kanaan Banjarmasin dan mendeskripsikan hasil pembelajaran piano siswa kelas VI melalui metode demonstrasi di SD Kristen Kanaan Banjarmasin.

 

Jenispenelitianyang dilakukanadalah deskriptif kualitatif yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan secara utuh dan mendalam tentang realitas sosial dan berbagai fenomena yang terjadi di masyarakat yang menjadi subjek penelitian sehingga tergambarkan ciri, karakter, sifat, dan model dari fenomena tersebut.Subjek penelitianadalahsiswakelasVISD Kanaan Banjarmasin yangberjumlah29 siswa.Teknikpengumpulandatayang digunakanberupatespraktikdan dokumentasi.Teknikanalisisdatayang digunakandalampenelitianini adalah cara mengolah skor yang didapat dari penilaian tes praktek bermain piano. Tahapan- tahapan tes tersebut adalah pretest, posttest pada setiap pertemuaan, posttest pada akhir pertemuan. Tes akhir dari siswa memainkan penjarian dan  tangga nada.

 

Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa penggunaanmetode demonstrasi pada pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga hanya sebagian siswa telah mencapai KKM. Dan pada pertemuan keempat sampai pertemuan kelima semua siswa sudah memenuhi kriteria keberhasilan yakni BAIK. Sedangkan dari hasil pembelajaran metode demonstrasi pada pertemuan pertama sampai pertemuan kelima tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi pada proses pembelajaran piano pada ketepatan nada dan penjarian dapat meningkatkan kemampuan siswa SD Kristen Kanaan Banjarmasin tersebut dapat dibuktikan  dengan kategori”Baik dan Sangat Baik”.

 

 

 

Katakunci : pembelajaran piano, demonstrasi

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI