DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Dampak Limbah Cair Industri Pengolahan Tempe Terhadap Kualitas Air Sungai Pengambangan di Kecamatan Banjarmasin timur
PENGARANG:RAHMA SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-30


INTISARI

Judul dalam penelitian ini adalah “ Analisis Dampak Limbah Cair Industri Pengolahan Tempe Terhadap Kualitas Air Sungai Pengambangan di Kecamatan banjarmasin Timur”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas air sungai serta limbah cair industri tempe berdasarkan pengukuran parameter fisika dan kimia dan menganalisis dampak limbah cair industri tempe terhadap kualitas air sungai pengambangan.

Penelitian ini menggunakan metode grab sampling, dengan lokasi pengambilan sampel di sungai pengambangan dengan jumlah 1 titik kedalaman yaitu dikedalaman 2 meter. Nilai fisika air limbah didapatkan dengan pengukuran langsung dan nilai kimia air limbah didapatkan dari hasil pengukuran laboraturium. Analisis data dalam penelitian adalah analisis deskriptif kuantitatif dimana data yang didapat dari hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel dan grafik.

Hasil penelitian kualitas fisika-kimia air limbah tempe menunjukkan bahwa parameter yang melewati standar baku mutu pada hari pertama di titik A1 adalah BOD, titik A2 adalah TSS, titik A3 adalah COD, titik A4 COD, dan pada titik A5 COD, sedangkan untuk hari kedua parameter yang melewati standar baku mutu pada titik A1 adalah TSS, titik A2 adalah COD, titik A3 adalah BOD, titik A4 adalah COD, titik A5 adalah COD. Parameter yang melebihi baku mutu dapat menanggu kualitas air sungai pengambagan dan dapat mengakibatkan pencemaran pada sekitar industri tempe. Langsung ke inlet oulet terbawa arus.

Kata kunci: Limbah cair tempe, Kualitas air

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI