DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Teknik Pembelajarana Guru pada Materi Seni Tari Radap Rahayu Kelas VIII G di SMPN 23 Banjarmasin
PENGARANG:NURUL KHALIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-30


ABSTRAK

 

 

 

Khalimah, Nurul. 2020. Teknik Pembelajaran Guru pada Materi Seni Tari Radayu Rahayu Kleas VIII G di SMPN 23 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Tutung Nurdiyana, S.Sos, M.A, M.Pd (II) Sulisno, S.Sn., MA.

 

 

 

Kata Kunci: Teknik Pembelajaran Guru, Seni Tari Radap Rahayu

 

 

Teknik pembelajaran yang di gunakan guru seni budaya kelas VIII G yaitu Syefira Novitasari, S.Pd di SMPN 23 Banjarmasin. Bedasarkan hasil tersebut saya mengangkat studi tentang Teknik Pembelajaran Guru pada Materi Seni Tari Radap Rahayu Kelas VIII G di SMPN 23 Banjarmasin yang meneliti tiga permasalahan, yaitu: bagaimana teknik pembelajaran guru pada materi seni tari Radap Rahayu kelas VIII G di SMPN 23 Banjarmasin, bagaimana hasil belajar peserta didik kelas VIII G SMPN 23 Banjarmasin dengan teknik pembelajaran yang diterapkan guru seni budaya dan kendala guru dalam penerapan teknik pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian penulisan skripsi ini dimulai dengan tahap analisis data yang menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian ini diperoleh bahwa teknik pembelajaran yang digunakan guru untuk materi seni tari Radap Rahayu di kelas VIII G yaitu metode imitasi. Pada proses pembelajaran guru hanya melakukan 8 kali pertemuan dengan 2 kali praktik kelompok. Hasil belajar peserta didik dengan metode imitasi guru menggunakan beberapa teknik penilaian yaitu pengetahuan dan keterampilan. Kemudian kendala guru dalam penerapan teknik pembelajaran  ada 4 yaitu kendala pada peserta didik, sarana dan prasarana, kendala kelompok, dan alokasi waktu mengajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti dapat memberikan saran untuk guru, diharapkan dapat menjadi motivasi untuk menerapkan metode imitasi dengan menyesuaikan materi pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI