DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MANAJEMEN ORGANISASI SANGGAR SENI POSKO LA BASTARI KANDANGAN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:Noza Kurniawan
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-30


ABSTRAK

 

Kurniawan, Noza. 2019. Manajemen Sanggar seni Posko La-Bastari Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (1). Edlin Yanuar Nugraheni, M.Sn (2) Muhammad Najamudin, M.Pd.

 

Kata kunci: Manajemen, Sanggar seni

 

            Manajemen sanggar sangat penting agar segala sesuatunya dapat terencana, terorganisasi, terarah, dan terkontrol. Selain itu, manajemen merupakan kekuatan yang mempunyai fungsi sebagai alat pemersatu dan penggerak kegiatan sanggar. Kabupaten Hulu Sungai Selatan kota Kandangan mempunyai sanggar seni yang bergerak dibidang kesenian khususnya seni musik, tari, dan teater.

Sanggar seni Posko La-Bastari Kandangan, yaitu salah sanggar di Hulu Sungai Selatan kota Kandangan, Berdirinya sanggar Posko La-Bastari adalah sebagai wadah kreatifitas generasi muda yang positif, serta pengembangan diri di bidang seni khususnya seni pertunjukan untuk musik, tari, dan teater. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendiskripsikan manajemen organisasi yang di terapkan pada Sanggar seni Posko La-Bastari Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan; (2) Mendiskripsikan korelasi prestasi sanggar seni Posko La-Bastari dengan sistem manajemen yang digunakan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini meliputi semua unsur yang terkait dengan manajemen Sanggar seni Posko La-Bastari, terdiri atas latar belakang Sanggar seni Posko La-Bastari dan pengelolaan Manajemennya. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh: (1) Aspek planning (perencanaan). (2) Aspek organisazing (pengorganisasian). (3) Aspek actuating (pelaksanaan). (4) Aspek controlling (pengawasan). (5) Terdapat hubungan antara prestasi sanggar seni Posko La-Bastari Kandangan. Dengan demikian, semakin baik Prestasi dalam berkarya maka sistem manajemen pun akan semakin baik pula.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI