DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI GURU TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI SMAN 8 BANJARMASIN
PENGARANG:MAWADDAH WARAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-30


 

INTISARI

 

Penelitian ini berjudul “Persepsi Guru Terhadap Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di SMAN 8 Banjarmasin”. Permasalah pada penelitian ini adalah bagaimana persepsi dan pengetahuan guru terhadap model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di SMAN 8 Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi guru rumpun IPS di SMAN 8 Banjarmasin terhadap model pembelajaran TGT.

 

Model penelitian dalam penelitian ini adalah survey tipe Cross Sectional Survey (digunakan untuk mengetahui isu yang bersifat temporer dengan pengumpulan data cukup satu kali). Penerapan jenis penelitian survey karena dalam pengumpulan data, menghimpun informasi dari para informan dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pokok. Pendekatan yang digunakan dalam analisis data pada penelitian ini adalah analisis kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini berupa pengumpulan data, dengan cara membagikan kuesioner melalui aplikasi WA (WhatsApp) dan melalui google form, selanjutnya proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

 

Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi seluruh guru (pernah menerapkan dan belum pernah menerapkan) model pembelajaran TGT adalah guru mengungkapkan bahwa model pembelajaran TGT sudah mampu diterapkan pada mata pelajaran rumpun IPS. Guru mendukung penerapan  model pembelajaran kooperatif tipe TGT karena sejalan dengan pelaksanaan kurikulum 2013 melalui pendekatan saintifik, yaitu pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, menanya,  mengumpulkan data, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikansehingga mampu memberikan inovasi, memotivasi serta meningkatkan aktivitas pembelajaran. Guru juga mengemukakan bahwa model pembelajaran TGT bisa diterapkan di SMAN 8 Banjarmasin, dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa di SMAN 8 Banjarmasin.

 

Kata Kunci: Persepsi Guru, Model Pembelajaran, Teams Games Tournament.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI