DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN PADI SAWAH TAHUNAN KECAMATAN JEJANGKIT KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:S AHRIANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-30


Penelitian ini bertujuan menentukan kelas kesesuaian lahan untuk lahan padi sawah di Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan. Populasi dan sampel penelitian ini adalah 8 satuan lahan dengan luas 203 km2 . Satuan lahan diperoleh dari hadil overlay peta bentuk lahan, peta penggunaan lahan, peta tanah, dan kemiringan lereng.

Data primer diperbolehkan melalui observasi dilapangan, pengambilan sampel tanah yang akan dianalisis baik secara langsung dan analisis laboratorium. Data sekunder diperoleh dari studi dokumen dan kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode mathing dan metodescoring.

Hasil penelitian evaluasi kesesuaian lahan untuk tanaman padi sawah menggunakan metode matching menyatakan bahwa di Kecamatan Jejangkit, Kabupeten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan selatan berada di kelas kesesuaian lahan S1 (sangat sesuai), S2 (cukup sesuai ) dan S3 (sesuai marginal), sedangkan metode scoring berada pada kelas S1 (sangat sesuai) dan S2 (cukup sesuai) dengan faktor pembatas berupa KTK dantemperatur.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI