DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG BALOK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTI GATION, DAN TIME TOKEN PADA SISWA KELAS V SDN SUNGAI MIAI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:AHMAD ANWARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-30


ABSTRAK

Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa dalam proses pembelajaran, minimnya sumber belajar siswa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu pembelajaran yang dilaksanakan hanya bersifat satu arah, bersifat hafalan, sehingga kurangnya partisipasi selama pembelajaran berlangsung, suasana cenderung pasif, dan sumber belajar yang hanya menggunakan buku LKS sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa di bawah KKM yang telah ditetapkan, yaitu 70. Oleh karena itu, perlu diadakan inovasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation, dikombinasikan dengan Time Token dengan tujuan mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang balok di kelas V SDN Sungai Miai 4 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Sungai Miai 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa sebanyak  31 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pada pertemuan I mencapai 70%, dan pertemuan II mencapai 84%, berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Group Investigation kombinasi dengan Time Token dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa materi bangun ruang balok di kelas V SDN Sungai Miai 4 Banjarmasin. Saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif guru untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI