DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KOMBINASI MODEL DEMONSTRATION DENGAN MEDIA BAHAN ALAM MENGGUNAKAN TEKNIK AIR BRUSH DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK FISIK MOTORIK HALUS ANAK MENJIPLAK BENTUK DI KELOMPOK A RA RAUDHATUL JANNAH
PENGARANG:LAILA AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-30


 

Amalia, Laila. 2020. Implementasi Kombinasi Model Demonstration Dengan Media Bahan Alam Menggunakan Teknik Air Brush Dalam Mengembangkan Aspek Fisik Motorik Halus Anak  Menjiplak Bentuk Kelompok A Ra Raudhatul JannahBanjarmasin. Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Sulistiyana.

 

 

 

Kata Kunci: Motorik Halus, Model Demonstrasi, Media Bahan Alam, Teknik Airbrush.

 

      Penelitian ini berlatar belakang rendahnya kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan menjiplak bentuk. Hal ini dikarenakan kurang jelasnya dalam menyampaikan pembelajaran sehingga anak kurang fokus saat mengikuti pembelajaran, pembelajaran kurang menarik perhatian anak sehingga anak merasa bosan.

 

            Berdasarkan dari hasil pengamatan observasi awal ternyata tidak ada anak yang mendapatkan bintang 4 (BSB), hanya 3 oang anak atau sekitar 20% memperoleh bintang 3 (BSH), 4 orang anak atau sekitar 27% memperoleh bintang 2 (MB), 8 orang anak atau sekitar 53% mendapatkan bintang 1 (BB). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kombinasi model demonstrasi dengan media bahan alam menggunakan teknik airbrush dalam mengembangkan aspek motorik halus anak menjiplak bentuk kelompok A sesuai dengan standar tahapan perkembangan anak. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bersifat studi literature. Metode pengumupulan data yakni metode dokumentasi dengan teknik analisis data model Miles dan Huberman.

 

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada 4 langkah aktivitas anak dalam mengikuti pembelajaran dan 6 langkah aktivitas guru dalam mengajar yang dapat mengembangkan aspek motorik halus anak dalam melakukan kegitan menjiplak bentuk yang menggunakan model demonstrasi, media bahan alam, dan teknik airbrush, penerapan strategi pembelajaran tersebut dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak sesuai tahap perkembangannya.

 

            Berdasarkan hasil tersebut, maka peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model demonstrasi, media bahan alam, dan teknik airbrush dalam mengembangkan motorik halus menjiplak bentuk dapat mengembangkan perkembangan motorik halus anak, aktivitas anak dan aktivitas guru pada anak kelompok A RA Rudhatul Jannah.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI