DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINGKAT KESEJAHTERAAN NELAYAN TRADISIONAL DI RINTISAN KECAMATAN DANAU PANGGANG KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:BAHRIANNOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-30


Bahriannor. 2020. Tingkat Kesejahteraan Nelayan Tradisional di Desa Rintisan Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara. Pembimbing:(I) Dr. Deasy Arisanty, M.Sc, (II) Dr. Karunia Puji Hastuti, M.Pd

Mata pencaharian memiliki pengaruh penting dalam status kesejahteraan seseroang. Pekerjaan nelayan tradisional mendapat sorotan ketika tidak mampu bersaing dengan nelayan modern yang memiliki peralatan canggih. Penelitian dengan judul “Tingkat Kesejahteraan Nelayan Tradisional di Desa Rintisan Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara”, memiliki rumusan masalah bagaimana tingkat kesejahteran nelayan tradisional di Desa Rintisan Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan tujuan untuk mengetahui tingkatan kesejahteraan nelayan tradisional di lokasi penelitian tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer (data lapangan) dan data sekunder (studi literatur). Data akan di analisa dan dipaparkan dalam bentuk tabel dan diagram. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kesejahteraan nelayan tradisional di Desa Rintisan Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara tersebar di tiga tahapan menurut indikator BKKBN dengan rincian: 19 orang berada ditahapan Keluarga Sejahtera I, 24 orang berada ditahapan Keluarga Sejahtera II, dan 12 orang ditahapan Keluarga Sejahtera tingkat III.

Kata Kunci : Mata Pencaharian, Nelayan Tradisional, Nelayan Modern,  kesejahteraan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI