DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERKEMBANGAN SOSIOLOGIS ORANG BANJAR DI KELURAHAN BENUA ANYAR, KECAMATAN BANJARMASIN TIMUR, KOTA BANJARMASIN, TAHUN 1996-2010
PENGARANG:MISNAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-01


Misnawati, Perkembangan Sosiologis Orang Banjar di Kelurahan Banua Anyar, Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Tahun 1996-2010 (Pembimbing I Drs. Hairiyadi, M.Hum & Pembimbing II Mansyur, S.Pd., M. Hum, 2017) 

 

Latar belakang penelitian ini adalah fenomena meningkatnya perilaku mengejar kekayaan dalam konteks sosiologi urang Banjar di Kelurahan Banua Anyar. Gambaran urang Banjar yang cenderung sangat berhasrat menjadi orang kaya dengan berusaha sekuat tenaga dengan pekerjaan yang enak tanpa membanting tulang bekerja keras namun mendapatkan keuntungan besar. Dibalik sejumlah fenomena itu, ada kepercayaan baik yang menyertai maupun yang timbul sebagai dampak, misalnya tentang hidup kaya dan serba selebritas menjadi sosok baru yang diyakini dapat menaikan citra, gengsi bahkan wibawa sosial. Begitu juga dengan cara-cara meraih kekayaan itu banyak cara. Dari yang normal aktual dengan usaha bisnis (walaupun kadangkala ada unsur penipuan) sampai muncul kepercayaan klinik, pesugihan, menggunakan jin. Tujuannya menaikkan pamor menjadi status strata tertinggi dalam masyarakat.

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui perkembangan sosiologis Orang Banjar di Kelurahan Banua Anyar, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Tahun 1996-2010.

Metode penelitian ini adalah metode penelitian sejarah. mengumpulkan sumber-sumber lisan, sumber sumber tertulis maupun sumber benda peninggalan masa lampau dengan tahap heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Metode wawancara penulis aplikasikan untuk mengumpulkan sumber lisan dari tokoh masyarakat, aparat pemerintahan serta anggota masyarakat yang menjadi informan dalam penelitian. Sumber tertulis, dikumpulkan melalui metode kepus-takaan, berupa buku, majalah, artikel yang berhubungan objek yang diteliti.

 Hasil penelitian menunjukkan terdapat perubahan filsafat hidup Urang Banjar di Kelurahan Banua Anyar. Kemudian perubahan sikap individualisme Urang Banjar. Selanjutnya pergeseran budaya kelompok serta perubahan sikap sosial dari netral ke emosional. Berikutnya, perubahan tata kelakuan yang ditandai dengan pemuda dan generasi baru yang serba instan serta pergeseran status dan kehormatan. Selain itu, dalam konteks stratifikasi sosial terdapat upaya instan menaikkan status. Dalam hal ini, dicirikan dengan hasrat ingin cepat kaya dan tergiur investasi penipuan. Pada sisi lain perkembangan sosiologis Orang Banjar di Kelurahan Banua Anyar, tahun 1996-2010 juga ditandai dengan hal hal klenik sebagai upaya instan dan cepat untuk menjadi kaya. Hal ini juga berhubungan kepercayaan dan hubungan kekerabatan binatang, benda pusaka serta kepercayaan terhadap ajimat dan minyak sakti, terhadap orang gaib dan kepercayaan kepada Lailatul Qadar.

Kesimpulan penelitian bahwa bahwa terdapat dinamika dalam perkem-bangan sosiologis Orang Banjar di Kelurahan Banua Anyar, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, pada tahun 1996-2010.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI