DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS BARTER ANTARA NELAYAN DENGAN ABK KAPAL BARANG DI DESA RAMPA KECAMATAN PULAU LAUT UTARA KABUPATEN KOTABARU PADA TAHUN 2008-2018
PENGARANG:SITI ROSIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-01


 

ABSTRAK

 

 

 

Siti Rosidah, (A1A115014). AKTIVITAS BARTER ANTARA NELAYAN DENGAN ABK KAPAL BARANG DI DESA RAMPA KECAMATAN PULAU LAUT UTARA KABUPATEN KOTABARU PADA TAHUN 2008-2018.Skripsi.(Pembimbing l : Dra. Hj. Rochgiyanti, M.Si, M,Pd, Pembimbing ll : Heri Susanto, M.Pd)

 

 

 

 

 

Latar belakang penelitian ini mengenai aktivitas barter yang dilakukan nelayan Desa Rampa dengan ABK kapal barang dengan menukarkan hasil tangkapan nelayan dan sembako dengan minyak solar, aktivitas tersebut dikenal masyarakat dengan sebutan yaitu service.  Masalah yang ingin di bahas dari skripsi ini adalah apa yang menjadi pendorong aktivitas barter tersebut dilakukan oleh nelayan dengan ABK kapal barang, keuntungan apa yang mereka dapatkan, dan alasan aktivitas barter masih dipertahankan sampai sekarang.Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk menguraikan apa saja faktor yang mendorong masyarakat nelayan dengan ABK kapal barang melakukan barter di Desa Rampa Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru pada tahun 2008-2018, 2) Untuk menguraikan alasan nelayan dengan ABK kapal barang masih menggunakan barter di Desa Rampa Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru pada tahun 2008-2018.

 

Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah. Tahap pertama pada penelitian ini yaitu mencari dan mengumpulkan sumber yang berhubungan dengan topik yang akan dibahas melalui studi pustaka dan studi lapangan. Studi pustaka dilakukan untuk mendapatkan data-data tertulis berupa buku-buku, dokumen maupun arsip dan studi lapangan dilakukan dengan wawancara kepada beberapa masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan yang pernah melakukan barter di Desa Rampa agar mendapatkan data primer secara langsung. Selanjutnya setelah data terkumpul dilakukan kritk sumber untuk melihat keaslian sumber. Tahap selanjutnya interpretasi yaitu menganalisis data-data yang telah di kritik. Terakhir yaitu tahap historiografi yaitu menyajikan data dalam bentuk tulisan. 

 

Dari hasil penelitian aktivitas barter yang dilakukan nelayan dengan ABK kapal barang karena awalnya nelayan mengalami kesulitan mendapatkan BBM subsidi maupun non subsidi namun, kemiskinan lah penghambat tersebut. Aktivitas barter membantu nelayan mendapatkan BBM dan juga memberi keuntungan untuk ABK kapal barang.

 

            Kemiskinan merupakan faktor nelayan melakukan aktivitas barter. Nelayan dapat memperoleh keuntungan dari aktivitas barter. Sama seperti pergi melaut keuntungan yang didapat tergantung dari banyaknya kapal yang belabuh.

 

 

 

Kata kunci: Aktivitas Barter, nelayan. Desa Rampa Kabupaten Kotabaru.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI