DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PERFORMANCE PADA PROYEK REHABILITASI JARINGAN IRIGASI DAN PINTU AIR DENGAN MENGGUNAKAN METODE EARNED VALUE
PENGARANG:TINO RIANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-01


             ANALISIS PERFORMANCE PADA PROYEK REHABILITASI JARINGAN IRIGASI DAN PINTU AIR DENGAN MENGGUNAKAN METODE EARNED VALUE

 

Dari :

TINO RIANTO

Dosen :

Ir. Eliatun, ST,MT.,IPM.

 

ABSTRAK

 

Perkembangan suatu proyek konstruksi yang semakin besar dan rumit ini baik dari segi biaya maupun fisik. Pada prakteknya suatu proyek konstruksi memiliki keterbatasan sumber daya, baik berupa tenaga kerja,peralatan, metode, bahan ataupun biaya. Dengan keterbatasan ini dibutuhkan suatu manajemen proyek mulai dari fase awal hingga fase penyelesaian proyek. Metode Earned Value ini dapat mengetahui hubungan antara apa yang sesungguhnya telah dicapai secara fisik terhadap jumlah anggaran yang telah dikeluarkan. Indikator yang digunakan metode Earned Value ini adalah Actual Cost of Work Performance (ACWP), Budged Cost of Work Schedule (BCWS), dan Budged Cost of Work Performance (BCWP).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja proyek pada suatu proyek, apakah proyek tersebut memiliki kinerja yang baik atau sebaliknya. Pada penilaian performance dilakukan saat 50% proyek berlangsung. Dari perhitungan didapat hasil indeks kinerja jadwal (SPI) pada kumulatif minggu ke-7 adalah 0,955. Maka 0,955 < 1, berarti waktu pelaksanaan terlambat dari jadwal yang telah direncanakan. Sedangkan hasil indeks kinerja biaya (CPI) pada kumulatif minggu ke-7 yaitu sebesar 1,048 > 1, berarti pengeluaran lebih kecil dari pada anggaran yang telah direncanakan. Pada perkiraan total waktu proyek adalah 72 hari (10 minggu 2 hari), sehingga ada penambahan waktu 2 hari kerja. Perkiraan biaya untuk pekerjaan yang tersisa adalah Rp. 90,404,506.68. Maka perkiraan biaya saat penyelesaian proyek adalah Rp. 181,908,846.61 lebih kecil dari pada nilai anggaran. Maka dari hasil sisa anggaran pada proyek rehabilitasi jaringan irigasi dan pintu air dapat disimpulkan proyek akan mendapati keuntungan sebesar Rp. 8,761,153.39.

Kata kunci : Konsep Earned Value, Manajemen Proyek, Biaya langsung dan Biaya tidak langsung, Penyimpangan terhadap waktu, Perkiraan penyelesaian proyek.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI