DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH TOTAL ASET, EXPENSE RATIO, PORTOFOLIO TURNOVER DAN MARKET TIMING TERHADAP KINERJA REKSA DANA SAHAM DI INDONESIA TAHUN 2016-2018
PENGARANG:NOVITA YANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-01


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai pengaruhtotal aset, expense ratio, portofolio turnover dan market timing terhadap kinerja reksa dana saham di Indonesia tahun 2016 - 2018. Penelitian ini menggunakan metode jensen alpha untuk menghitung kinerja reksa dana saham, Ruang lingkup penelitian ini adalah reksa dana sahamyang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Populasi penelitian ini berjumlah 277 reksa dana saham. Sampel yang diambil berjumlah 14 reksa dana saham dengan teknik purposive sampling.

 

Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dari berbagai sumber yang dilakukan dengan teknik dokumentasi. Dokumentasi yang dilakukan yaitu pengumpulan data yang berasal dari prosfektus, laporan keuangan reksa dana saham, tingkat suku bunga SBI dan IHSG. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi data panel dan data diolah menggunakan Eviews 9. Pemelihan model regresi data panel yang terpilih pada penelitian ini adalah model random effect.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa total aset dan portofolio turnover tidak berpengaruh terhadap kinerja reksa dana saham di Indonesia tahun 2016 - 2018, sedangkan expense ratio berpengaruh negatif terhadap kinerja reksa dana saham di Indonesia tahun 2016-2018 dan market timing berpengaruh positif terhadap kinerja reksa dana saham di Indonesia tahun 2016-2018.

 

Kata kunci: Reksa Dana Saham, Total Aset, Expense Ratio, Portofolio Turnover, Market Timing.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI